Nice

  • Latest News

    Tuesday, September 25, 2012

    Macam -Macam Istilah Tauhid | Ber'iktiqad Yang Benar


    Kita sering mendengarkan istilah Tauhid Rububiyyah, Tauhid Uluhiyyah, dan Tauhidul Asma wash-Sifat, apa sih interpretasi di ketiga istilah tersebut?, naha mari kita simak uraian berikut.
    Ketauhidan
    Tauhid ar-Rububiyyah adalah meng-Esa-kan Dzat  yang menjadikan dan yang mengatur serta yang menguasai alam ini. Jadi, tidak ada dzat yang menjadikan serta yang mengatur serta menguasai alam ini kecuali Allah SWT saja.
    Tauhid al-Uluhiyyah adalah meng-Esa-kan Dzat yang berhak disembah dan dita’ati sepenuhnya. Jadi, tidak ada dzat yang berhak disembah dengan sebenar-benar sembah dan ditaati sepenuhnya melainkan Allah SWT.
    Kemudian untuk kedua tauhid ini (Tauhid ar-Rububiyyah dan Tauhid al-Uluhiyyah) terjadi talazum, artinya saling tetap menetapi (tidak bisa dipisahkan), secara ‘uruf maupun syara’. Jadi, barang siapa yang berkeyakinan bahwa tidak ada tuhan yang menjadikan alam ini kecuali Allha SWT, maka berarti dia juga berkeyakinan bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT. Maka dari itu orang mukallaf tidak cukup kalau tauhidnya hanya berupa salah satu dari tauhid tersebut.
    Adapun tauhidulasma wash-shifat, maksudnya: asma Allah SWT baik yang menunjukkan kepada Dzat Allah SWT saja, seperti lafaz “Allah”, atau yang menunjukkan  Dzat sekaligus sifat-Nya, seperti al-‘Alim, al-‘Qadir jutga sifat-sifat Allah SWT seperti Qudrat, semuanya adalah qadimah (tidak ada permulaan) dan semuanya maha Esa (tidak terdiri dari bagian-bagian sertya tidak serupa dengan asma/nama-nama yang dimliki oleh makhluk.  

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    2 komentar:

    1. nice job bro... keep your posting istiqamah...

      ReplyDelete
    2. syukran..
      Moga blog ana ini lebih bersinar kedepan..
      Amien..

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Macam -Macam Istilah Tauhid | Ber'iktiqad Yang Benar Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top