Nice

  • Latest News

    Wednesday, March 6, 2013

    Manfaat Madu Bagi Kesehatan | Mimpi Sehat

    Siapa yang tidak kenal madu? Madu sudah terkenal dengan rasanya yang manis dan kaya akan nutrisi. Minum madu setiap hari bermanfaat untuk mencegah tubuh dari serangan penyakit. Berikut ini blog Sabiluna akan menulis beberapa dari Manfaat Madu Bagi Kesehatan.

    Oleh karena itu dalam al-Qur’an Allah berfirman:

     ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ "kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.(Q.S an-Nahl:69)

    Madu juga banyak digunakan sebagai pelengkap bahan kuliner. Lalu apa saja manfaat dan khasiat madu yang berguna untuk tubuh? Berikut ini adalah daftar manfaat dari madu yang dikutip dari detik dan dari beberapa artikel di dumay.

    1. Mengobati batuk di malam hari 
    Penelitian yang dilakukan Dr Herman Avner Cohen membuktikan bahwa madu bermanfaat untuk mengatasi batuk pada malam hari. Sehingga tidur pun semakin nyenyak. Penelitian ini diikuti 300 anak balita yang memiliki masalah batuk di malam hari.

    2. Membantu sistem pencernaan
    Studi terbaru menemukan bahwa madu ternyata dapat meningkatkan mikroflora dalam usus. Mikroflora inilah yang akan berperan untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh.

    3. Mencegah penyakit jantung dan kanker

    Madu mengandung suatu zat yang bernama polifenol. Yaitu sejenis antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga berpengaruh pada kesehatan jantung dan mencegah dari kanker.

    4. Mengobati luka 
    Hidrogen peroksida yang terkandung dalam madu ternyata dapat mengatasi penyakit kulit, kulit terbakar dan luka pada kulit. Caranya cukup dengan mengolesi madu pada kulit yang terkena penyakit atau luka.

    5. Mengobati jerawat 
    Berdasarkan penelitian, jenis madu Manuka dan Kanuka terbukti efektif untuk mengobati acne vulgaris. Yaitu kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan dan infeksi pada folikel bagian wajah, punggung dan dada.

    6. Mencegah gigitan nyamuk 
    Madu mengandung sifat anti peradangan (anti inflamasi) yang berfungsi mengurangi gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk.

    7. Melembabkan Kulit.
     Madu mengandung pelembab yang bermanfaat untuk kulit. Madu juga dapat digunakan sebagai scrub untuk meremajakan dan membersihkan kulit dari kotoran. Cara membuat scrub madu adalah dengan mencampur madu dengan pisang dan gula, kemudian oleskan campuran madu dan gula tadi ke kulit kita dan diamkan selama 3 hingga 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.

    8. Mengatasi Jerawat. 
    Untuk mengatasi jerawat, campurkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara teratur dan insya Allah jerawat Anda akan hilang.

    9. Bisa Melembutkan dan Melembabkan Bibir.
    Oleskan madu ke bibir Anda.

    10. Bisa Dijadikan Conditioner Untuk Rambut.

    11. Madu Juga Bisa Mengencangkan Wajah
    Caranya adalah dengan mengoleskannya di wajah/dijadikan masker.

    12. Dapat Menyembuhkan Luka Biasa, Luka Bakar dan Luka Pada Penderita Diabetes.

    13. Membantu Menyembuhkan Batuk dan Penyakit Pernapasan. 

    Batuk, flu, bronkitis asma dan penyakit pernapasan lainnya dapat disembuhkan dengan madu. Caranya adalah dengan mencampur madu dan air perasan jeruk nipis, kemudian air campuran tersebut diminum teratur.

    14. Sebagai Pencegah Penyakit, Kekebalan Tubuh dan Antioksidan.
    Antioksidan adalah zat yang berguna sebagai penangkal radikal bebas (seperti debu, makanan yang mengandung pengawet, asap rokok dan lainnya). Zat antioksidan tinggi yang terkandung dalam madu yang kita konsumsi dapat membantu tubuh dan jaringan tubuh dalam menolak serangan dari radikal bebas tersebut.

    15. Sebagai Sumber Energi, Penambah Stamina, serta Sumber Vitamin dan Mineral. 
    Madu terbukti dapat memberikan energi dan meningkatkan stamina tubuh kita. Dalam 1 sendok makan madu terkandung 64 kalori. Madu juga mengandung vitamin dan mineral yang didapatkan dari nektar bunga yang dihisap oleh lebah.

    16. Mengurangi Kadar Kolesterol Tubuh. 
    Mengonsumsi madu murni secara rutin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol.

    17. Untuk Menyembuhkan Pilek atau Flu. 
    Caranya, tuangkan 1 sendok makan madu dan 1/4 sendok teh kayu manis, seduh dengan segelas air hangat suam-suam kuku dan diminum teratur.

    18. Untuk Sakit Kepala Sinus. 
    Konsumsi campuran madu dan jus jeruk dapat menyembuhkan sakit kepala karena sinus. Sinus adalah gangguan yang seringkali menimbulkan gejala yang sangat menganggu. Sinus ditandai dengan gejala seperti rasa sakit di kening atau diantara mata, sakit di gigi bagian atas, wajah terasa penuh, serta hidung penuh dan tersumbat. 
    Demikianklah beberapa Manfaaat Madu bagi kesehatan semoga bermanfaat, Insya allah pada kesempatan lain kita akan menposting artikel yang lain ttentunya bermanfaat bagi sobat semua,
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    2 komentar:

    1. Sekarang susah dapet madu asli.. Kebanyakan palsu.

      ReplyDelete
      Replies
      1. heheh..
        yea mas..
        banyak yang palsu....
        hati-hati barang palsu

        Delete

    Item Reviewed: Manfaat Madu Bagi Kesehatan | Mimpi Sehat Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top