Nice

  • Latest News

    Saturday, March 9, 2013

    Beberapa Kecerdasan Manusia | Sumber Pengetahuan

    Macam-Macam Kecerdasan Manusia - Tak dipungkiri lagi kekuasaan Allah sungguh luar biasa yang terdapat manusia yaitu berupa Otak sebagai alat menganalisa segala sesuatu di alam jaga raya ini. Banyak diantara kita yang belum tahu sejauh mana kecerdasan pada diri kita sendiri.

    Kecerdasan IqKecerdasan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi manusia. Kecerdasan tidak hanya selalu berpatok pada IQ, tetapi kecerdasan pun berpatok pada hal lain yang lebih komplek. Disini kamu dapat mengetahui dan mengira-ngira masuk ke dalam manakah bakat kita. Berikut ini beberapa macam tipe kecerdasan,
    1. Kecerdasan Spasial

    Mereka yang termasuk ke dalam tipe ini memiliki kepekaan tajam untuk visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk, dan ruang. Selain itu, mereka juga pandai membuat sketsa ide dengan jelas. Pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini adalah arsitek, fotografer, desainer, pilot, atau insinyur.

    2. Kecerdasan Linguistik

    Orang yang memiliki kecerdasan ini merupakan seseorang yang pandai mengolah kata-kata saat berbicara maupun menulis. Orang tipe ini biasanya gemar mengisi TTS, bermain scrable, membaca, dan bisa mengartikan bahasa tulisan dengan jelas. Jika Anda memiliki kecerdasan ini, maka pekerjaan yang cocok untuk Anda adalah jurnalis, penyair, atau pengacara.

    3. Kecerdasan Matematis atau Logika

    Tipe kecerdasan ini adalah orang yang memiliki kecerdasan dalam hal angka dan logika. Mereka mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi, berpikir dalam pola sebab akibat, menciptakan hipotesis, dan pandangan hidupnya bersifat rasional. Pekerjaan yang cocok jika memiliki kecerdasan ini adalah ilmuwan, akuntan, atau progammer.


    4. Kecerdasan Kinetik-Jasmani

    Orang tipe ini mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan. Mereka menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang mengandalkan fisik. Pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah atlet, pengrajin, montir, dan penjahit.


    5. Kecerdasan Interpersonal

    Orang tipe ini biasanya mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. Selain itu, mereka juga mampu menjalin kontak mata dengan baik, menghadapi orang lain dengan penuh perhatian, dan mendorong orang lain menyampaikan kisahnya. Pekerjaan yang cocok untuk orang tipe ini antara lain networker, negosiator, atau guru.

    6. Kecerdasan Intrapersonal

    Orang tipe ini memiliki kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertindak secara adaptif berdasarkan pengenalan diri. Ciri-cirinya yaitu suka bekerja sendiri, cenderung cuek, sering mengintropeksi diri, dan mengerti kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Pekerjaan yang cocok untuk mereka yaitu konselor atau teolog.

    7. Kecerdasan Naturalis

    Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu memahami dan menikmati alam dan menggunakannya secara produktif serta mengembangkan pengetahuannya mengenai alam. Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan ini yaitu mencintai lingkungan, mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang, dan senang melakukan kegiatan di luar atau alam. Kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh petani, nelayan, pendaki, dan pemburu.

    8. Kecerdasan Musikal

    Mereka yang termasuk ke dalam tipe ini mampu mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati bentuk musik dan suara. Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan musikal yaitu suka bersiul, mudah menghafal nada lagu yang baru didengar, menguasai salah satu alat musik tertentu, peka terhadap suara sumbang, dan gemar bekerja sambil bernyanyi. Pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah penyanyi atau pencipta lagu.

    9. Kecerdasan Spiritual

    Kamu amat sensitif dan memiliki minat pada hal-hal yang bersifat spiritual dan religius. Mungkin juga kamu pernah mengalami pengembaraan spiritual dan pencerahan. Atau bentuk lain yaitu kamu bisa merasakan kehadiran “makhluk lain”.

    10. Kecerdasan Visual-Spasial

    Kamu langsung tahu jika ada bangunan atau lukisan atau orang yang kurang simetris. Jika kamu atlet kamu bisa menentukan dengan hampir sempurna berapa derajat yang dibutuhkan untuk mencetak angka untuk masuk ke gawang atau ring basket. Kamu bisa secara imaginer memutarbalikkan bentuk-bentuk rumit dan kamu bisa menggambar apapun yang kamu lihat. Kamu jago membongkar dan merangkaikan kembali barang-barang dan kamu.maniak dengan game!

    Itulah 8 Macam Kecerdasan Manusia yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat.

    Sumber: http://www.theberita.com 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    2 komentar:

    1. blognya sudah saya follow jika berkenan follow balik yah :)

      achmadrizali.blogspot.com

      ReplyDelete
      Replies
      1. yea sobat..
        sering-sering kunjungi ke sini yc...

        Delete

    Item Reviewed: Beberapa Kecerdasan Manusia | Sumber Pengetahuan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top