Nice

  • Latest News

    Monday, April 1, 2013

    Hati-Hati Bakteri Bisa Masuk Ponsel | Menjaga Baterai


    Hati-Hati Bakteri Bisa Masuk Ponsel 

    Sebuah Study yang dilakukan di sebuah University of East Anglia, Inggris Oleh ilmuan, dari hasil penelitian tersebut  dinyatakan bahwa Bakteri dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif.

    Hati-Hati Bakteri Bisa Masuk Ponsel | Menjaga BateraiMenurut studi yang telah dilakukan tersebut  dapat disimpulkan data bahwa membran sel bakteri dapat menghasilkan arus listrik saat bersentuhan dengan logam atau mineral. Itu artinya bakteri tersebut dapat digunakan untuk mengisi daya dari perangkat elektronik, seperti ponsel. Berikut ulasannya seperti yang dilansir merdeka.com.

    Lantas, bakteri apakah itu?

    Dikutip dari Daily Mail (28/3), Dr. Tom Clarke selaku ahli biologi University of East Anglia menyatakan bahwa bakteri tersebut adalah Shewanella Oneidensis, yaitu sejenis bakteri laut.

    Mengenai proses kerjanya, peneliti memanfaatkan protein dari bakteri tersebut yang akan dimasukkan ke lapisan gelembung berbentuk kapsul kecil. Menurut Clarke, protein tersebut dapat langsung menyentuh mineral dan menghasilkan arus listrik.

    Clarke sendiri memperkirakan bahwa mungkin masih ada beberapa bakteri yang dapat melakukan hal sama. Jika hal itu benar-benar ada, maka akan ada temuan lain yang lebih menarik. Dengan adanya terobosan baru ini, Clarke akan lebih mengarahkan penemuan ini sebagai 'bio-baterai' yang bisa digunakan ketika dalam keadaan darurat.

    Ahli biologi tersebut menyebutkan bahwa penemuan baru ini bisa digunakan untuk pengisian baterai ponsel dan dapat dikomersilkan sekitar sepuluh tahun ke depan.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hati-Hati Bakteri Bisa Masuk Ponsel | Menjaga Baterai Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top