Nice

  • Latest News

    Monday, May 27, 2013

    Apakah Talkin Mayit Perlu ? | Kajian Ulama

    Apakah Talkin Mayit Perlu ?


    Di daerah yang mayoritas penduduknya beriktiqad ahlusunnah waljamaah maslah talqin mayit sudah dijadikan sebuah tradisi yang berlandaskan syariat. Mereka tidak pernah menpraktikkan sebuah ritual apabila tidak bersumber dari al-Qur'an, Hadist, Ijma Ulama, dan Qiyas. Nah kalau melihat kepada talqin mayit apakah perlu atau tidak, karena ada sekelompok orang yang beranggapan bahwa untuk apa mengajarkan orang yang sudah mati. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai pokok permsalahan talqin Mayit.

    Apakah Talkin Mayit Perlu ? | Kajian UlamaSebenarnya, dalam praktik yang dikerjakan umat islam, yakni melakukan taqin mayit itu bukanlah mengajari orang yang sudah mati dengan artian sama dengan mengajari orang yang masih hidup. Memang menjadi keharusan bagi orang yang masih hidup menuntut ilmu, sebagaimana nabi Muhammad SAW bersabda "Menuntut ilmu wajib mulai sejak lahir hingga ke liang lahat". Sedangkan untuk orang mati kewajiban iu sudah tidak ada lagi.

    Oleh karena demikian, dalam praktek talkin mayit itu pada hakikatnya bukan mengajari ornag mati, tetapi hanya sekedar mengingatkannya terhadap perkara-perkara yang akan di hadapi setelah di dia berada di kubur. Berupa pertanyaan munkar dan nakir yang dalam sekejap akan datang menanyai si mayit. Dan hal itu bukanlah hal yang asing bagi kita.

    Misalnya, ada seorang yang tertimpa maslah besar, umpama kebakaran, banjir dan lain-lain, maka tentu saja orang dalam keadaan seperti itu berada dalam kondisi tidak stabil dan panik, dan biasanya orang tersebut akan lupa terhadap perkara-perkara yang ada sebelum kejadian itu, karena dirinya masih trauma.

    Demikian pula orang yang meninggal dunia. Ketika ia mengalami kematian (yatiu peristiwa yang paling besar diantara peristiwa-peristiwa) tentunya akan kaget dan gemetar jiwanya serta lupa kepada apa yang sebelumnya ia ingat.

    Secara filosofisnya hikmah talqin mayit diantaranya: untuk mengingatkan pertanyaan dua malaikat yaitu Munkar dan Nakir. Jadi, talqin itu tidak untuk mengajari orang mati, dan Allah SWT mengetahui kebenaran segala sesuatu.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Apakah Talkin Mayit Perlu ? | Kajian Ulama Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top