Nice

  • Latest News

    Monday, May 27, 2013

    Bagaimana Hukum mengatakan "Semua Agama Sama" | Kajian Tauhid

    Bagaimana Hukum mengatakan Semua Agama Sama


    Banyak kata yang diucapkan oleh para tokoh-tokoh yang berpengaruh dewasa ini yang menimbulkan berbagai pemahaman bagi masyarakat. Seperti pernah terucap di mulut mereka “Semua agama itu sama”. Nah, bila di dengar oleh orang yang tidak mengerti tentang agama bisa beranggapan bahwa kita bisa memilih agama apa saja yang kita kehendaki, padahal bukan demikian, semua pemahaman demikian bisa membawa kepada kufur.
    Bagaimana Hukum mengatakan "Semua Agama Sama" | Kajian Tauhid

    Terus bagaimana menyikapi terhadap kalimat yang diucapkan oleh orang-orang liberal tersebut. Berikut ini akan dijelaskan dan dirincikanterhadap kalimat “Semua agama itu sama”.

    Mengatakan “semua agama itu sama” adalah sebuah perkataan yang mengandung banyak penakwilan, dilihat dari zahir kalimat tersebut bisa berakibat kufur bagi yang mengatakannya. Jika yang dimaksud “sama” itu adalah sama benar secara hakiki menurut pandangan Allah SWT, maka perkataan itu tidak dibenarkan sama sekali, bahkan bisa membuat kufur bagi yang mengatakannya.

    Dan bila yang dimaksud “sama” itu adalah semisal sama-sama diakui oleh pemerintah, seperti agama nasrani (Kristen), Yahudi, Hindu, dan Budha di Indonesia; atau sama-sama menjaga umatnya agar tidak terjadi kerusakan-kerusakan di Bumi, atau sama-sama mengajak umatnya untuk melakukan kebaikan yang bersifat di dunia saja, maka hal demikian tidak sampai berakibat kufur bagi yang mengatakannya.

    Tetapi untuk menghindari multi penafsiran di kalangan masyarkat, alangkah baiknya jangan pernah dilontarkan kalimat tersebut.

    Wa Allahuu’aklam..
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bagaimana Hukum mengatakan "Semua Agama Sama" | Kajian Tauhid Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top